Laman

Rabu, 20 Agustus 2014

Etika Berinternet




1.       Perlakukan Email Secara Pribadi.
Email pada dasarnya adalah alat komunikasi personal, maka jika seseorang mengirim informasi atau gagasan kepada Anda, maka jangan mengirimkembali informasi tadi ke forum umum, seperti: kelompok grup, atau mailing-list.


2.       Jangan Membicarakan Orang Lain.
Jangan membicarakan orang atau pihak lain. Berhati-hatilah terhadap apa yang anda tulis. Email memiliki fasilitas yang bernama “forward”, yang mengizinkan si penenerima akan meneruskannya (forward) ke orang lain.

3.       Jangan Gunakan Huruf Kapital.
Seperti halnya surat kabar atau surat, membaca pesan email yang menggunakan huruf besar/capital yang berlebihan, tidak enak di lihat. Terutama dalam tata krama berkomunikasi dengan email/chatt. Pengguna huruf capital biasanya dianggap marah. Mungkin saja maksudnya hanya untuk memberi tekanan pada kalimat yang ditulisnya.

4.       Jangan Terlalu Banyak Mengutip.
Hati-hati dalam melakukan balasan (reply). Fasilitas “reply” dari sebagian besar program mailer biasanya akan mengutip pesan asli yang anda terima secara otomatis ke dalam isi surat anda. Jika harus mengutip pesan seseorang dalam jawaban e-mail, usahakan menghapus bagian-bagian yang tidak perlu, dan hanya menjawab bagian-bagian yang relevan saja. 

5.       Jangan Gunakan CC (Copy Carbon)
Jika anda mengirim email ke sejumlah orang (misalnya di mailing-list), usahakan atau hindari mencantumkan nama-nama pada baris CC. jika anda melakukan hal itu, semua orang yan menerima email ada, akan bisa melihat alamat-alamat email orang lain. Umumnya, orang tidak suka bila alamat emailnya dibeberkan di depan umum. Selalu gunakan BCC (Blind Carbon Copy). Dengan cara ini, setiap orang hanya bisa melihat alamat emailnya sendiri.

6.       Jangan Gunakan Format HTML (Hyper Text Markup Language).
Jika anda mengirim sebuah pesan penting ke rekan anda, jangan gunakan format HTML tanpa anda yakin bahwa program email rekan anda bisa memahami kode HTML. Jika tidak, pesan anda sama sekali tidak terbaca atau kosong. Sebaiknya gunakan plain text.

7.       Jawablah Secara Masuk Akal.
Jawablah setiap pesan email secara masuk akal, jangan menjawab dua atau tiga pertanyaan dalam satu jawaban. Apalagi, menjawab pesan email yang pangjang lebar, dan anda menjawab dalam satu kata: “good”. Itu sangat menyebalkan.

8.       Gunakan Singkatan yang Sudah Lazim Digunakan, untuk Efisiensi Penggunaan Kata.
Untuk efisiensi penggunaan kata, frase atau istilah By The Way (=ngomong-ngomong). Misalnya lagi penggunaan kata sapaan dalam bahasa inggris. Contoh, kalimat how are you?


sumber: Buku Panduan Pelatihan Aplikasi Teknologi Informasi.

1 komentar:

  1. Masih bingung cari Agen Situs Betting Online Terbaik dan Terpercaya? S128Cash adalah tempat yang tepat untuk Anda semua.
    Kini kami hadir untuk Semua Para Pecinta Judi Online yang ingin bermain dengan Aman dan Nyaman.
    S128Cash menyediakan semua permainan Populer kalangan masyarakat Indonesia, seperti :
    - Sportsbook
    - Live Casino
    - Sabung Ayam Online
    - IDN Poker
    - Tembak Ikan Online
    - Slot Games Online
    - Klik4D

    Hanya dengan minimal deposit Rp 25.000,- saja, Anda sudah bisa memulai semua permainan yang Anda.
    Bukan itu saja, Anda juga akan di temanin berbagai PROMO MENARIK, yaitu :
    - BONUS NEW MEMBER 10%
    - BONUS DEPOSIT SETIAP HARI 5%
    - BONUS CASHBACK 10%
    - BONUS FREEBET 200rB
    - BONUS 7x KEMENANGAN BERUNTUN !!

    Jadi apa lagi yang Anda tunggu? Segera daftarkan diri Anda bersama kami.
    Info lebih lanjut, bisa hubungi kami melalui :
    - Livechat : Live Chat Judi Online
    - WhatsApp : 081910053031

    Link Alternatif :
    - http://www.s128cash.biz

    Judi Bola

    Daftar Situs Judi Bola Online Terpercaya

    BalasHapus